Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok – Ada beberapa faktor yang membuat rambut anda menjadi rontok, seperti misalnya faktor keturunan, penyakit, atau nutrisi rambut yang kurang.
Untuk masalah beratnya, kerontokan rambut akan menyebabkan kebotakan.

secara Spesifik Penyebab Kerontokan Rambut Diantaranya Adalah :

1. Faktor keturunan

Kerontokan rambut seringkali diturunkan melalui gen. Jika orang tua Anda memiliki masalah rambut rontok, kemungkinan Anda juga akan demikian. Sementara hal ini lebih jelas terbukti pada kaum pria, kaum wanita juga menderita alopecia yang diturunkan secara genetik.

2. Perubahan Hormone

Perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh meningkatkan sensitivitas folikel rambut, melemahkan akar rambut, dan menyebabkan rambut rontok. Menopause, kista ovarium, hipotiroid, hipertiroid, dll, membawa perubahan keseimbangan hormonal pada tubuh Anda, yang akhirnya akan menyebabkan rambut rontok.

3. Kehamilan

Kebanyakan wanita, selama, dan pasca kehamilan, sering mengalami dehidrasi, kelelahan, dan ketidakseimbangan hormon. Hal ini menyebabkan peningkatan kepekaan pada folikel rambut. Ini juga menciptakan kondisi kulit kepala yang tidak menguntungkan. Semua faktor ini akan menyebabkan rambut rontok yang kronis.

4. Stres Fisik Dan Mental

Penyakit yang terus-menerus diderita, penurunan berat badan secara drastis dan berlebihan, dan kerja fisik yang ekstrim dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan kelelahan. Hal ini bisa membuat folikel rambut menjadi kurang gizi dan lemah, dan akhirnya menyebabkan rambut rontok dengan cepat.

5. Infeksi Pada Kulit Kepala

Infeksi jamur, bakteri, dan virus seperti dermatitis seborrhea dan psoriasis di kulit kepala dapat melemahkan akar dan merusak folikel rambut, sehingga menyebabkan penipisan, kerusakan, dan kerontokan rambut.

6. Alopecia Areata

Ini adalah kelainan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menganggap rambut sebagai pencemar asing, lalu mulai menyerang folikel rambut, yang akan menyebabkan rambut rontok. Tidak ada obat untuk kondisi ini dan 10% orang yang mengalaminya menderita kerontokan rambut yang permanen.

Kemudian Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ada beberapa cara untuk mengatasinya, namun saya akan membahas cara mengobati kerontokan dengan metode minyak hangat. Berikut panduan nya:

Jika Anda tidak tertarik pada perawatan rambut dengan meminyakinya dalam semalam, Anda juga bisa mengoleskan minyak pada kepala, satu jam sebelum mandi. Minyak hangat lebih disukai karena bisa menembus ke dalam pori-pori kulit kepala dengan lebih mudah dan meningkatkan aliran darah di daerah tersebut. Berikut adalah cara mengatasi rambut rontok menggunakan minyak hangat.

Anda Membutuhkan :

2 sendok makan Carrier oil (minyak pelarut), gunakan minyak pilihan Anda. Anda juga bisa menggunakan campuran minyak rambut.
Handuk panas

Prosesnya :

  • Tuangkan dua sendok makan Carrier oil (minyak pelarut) ke dalam mangkuk, lalu panaskan selama beberapa detik sampai menjadi sedikit hangat.
  • Celupkan jari Anda ke dalam mangkuk berisi minyak hangat ini dan mulailah memijat sekaligus meminyaki kulit kepala Anda.
  • Pijat kulit kepala Anda dengan benar selama sekitar 15 menit sampai seluruh kulit kepala Anda tertutup minyak.
  • Aplikasikan sisa minyak pada sepanjang batang rambut Anda, pastikan Anda telah melapisi dari akar ke ujungnya.
  • Diamkan minyak di rambut Anda selama 30-45 menit lagi.
  • Bungkus rambut Anda dengan handuk panas (Anda bisa merendamnya di air panas atau menggunakan pengering rambut untuk memanaskannya) selama melakukan proses ini.
  • Setelah proses selesai, bersihkan minyak dari rambut dengan mengeramasi rambut Anda dengan shampo.
  • Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

Baca Juga Artikel Kami Yang Sangat Menarik Dan Unik: